Tutorial Surat Pernyataan 5 Poin Kabupaten Minahasa CPNS

Pendahuluan



Bagi kalian yang ingin melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Minahasa, maka salah satu syarat yang harus kalian penuhi adalah surat pernyataan 5 poin. Surat pernyataan ini menjadi penting karena akan menjadi acuan bagi panitia seleksi dalam menentukan kelayakan calon peserta CPNS.


Langkah-langkah Membuat Surat Pernyataan 5 Poin



Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk membuat surat pernyataan 5 poin untuk melamar sebagai CPNS di Kabupaten Minahasa:


1. Buka Microsoft Word



Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word pada perangkat komputer atau laptop yang kalian gunakan.


2. Buat Format Surat



Selanjutnya, kalian bisa membuat format surat dengan cara memilih menu "File" lalu pilih "New Blank Document". Setelah itu, kalian bisa mengatur margin, ukuran kertas, dan jenis font yang akan digunakan.


3. Tulis Pernyataan 5 Poin



Langkah selanjutnya adalah menulis pernyataan 5 poin yang dibutuhkan. Pernyataan 5 poin ini terdiri dari:
1. Saya menyatakan bahwa data yang saya berikan dalam formulir pendaftaran CPNS Kabupaten Minahasa adalah benar dan tidak ada yang saya sembunyikan.
2. Saya menyatakan bahwa saya tidak pernah terlibat dalam tindakan kriminal atau pelanggaran hukum lainnya.
3. Saya menyatakan bahwa saya tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai di instansi pemerintahan Kabupaten Minahasa.
4. Saya menyatakan bahwa saya tidak sedang menjalani proses hukum atau pernah dihukum karena melakukan tindakan kriminal atau pelanggaran hukum lainnya.
5. Saya menyatakan bahwa saya bersedia diberhentikan sebagai CPNS Kabupaten Minahasa apabila dikemudian hari terbukti bahwa saya telah memberikan data yang tidak benar.


4. Buat Kop Surat



Setelah menulis pernyataan 5 poin, kalian bisa membuat kop surat yang terdiri dari logo atau lambang Kabupaten Minahasa, nama instansi, dan alamat instansi.


5. Tandatangan Surat



Langkah terakhir adalah menandatangani surat pernyataan 5 poin dan menyertakan tanggal serta tempat penandatanganan.


Kesimpulan



Demikianlah tutorial pembuatan surat pernyataan 5 poin untuk melamar sebagai CPNS di Kabupaten Minahasa. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar agar surat pernyataan kalian dapat diterima oleh panitia seleksi. Semoga berhasil!

close